Ajang MotoGP memang menjadi balapan roda dua paling populer sepanjang masa, dengan sepeda motor khusus yang dibuat untuk balapan yang bisa mencapai kecepatan yang sangat tinggi, membuat decak kagum para penonton yang menyaksikannya, namun dalam setiap balap motor/mobil sebenarnya tidak ada jaminan 100% akan keselamatan pembalap ketika mengaspal di sirkuit, walupun para pembalap sudah melaksanakan SOP (Standard Operating Procedure) akan tetapi takdir di sirkuit adalah milik Tuhan, contohnya seperti kejadian lepasnya helm Marco Simoncelli yang menyebabkan kematian waktu balapan motoGP.
Mungkin bagi
seorang pembalap professional itu adalah sebuah pilihan hidup, disamping kenikmatan saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, mereka juga harus waspada dengan kematian yang mengintai mereka, mungkin mereka memang
terlahir untuk balapan, dan mereka sudah mengetahui resiko yang harus dihadapi.
Berikut ini adalah daftar 48 rider yang meninggal selama gelaran motoGP sejak tahun 1949 yang bersumber dari ridertua :- Ben Drinkwater (GBR) GP Isle of Man (1949)
- David Whitworth (GBR) GP Spa Francorchamps (1950)
- Dario Ambrosini (ITA) GP Albi (1951)
- Gianni Leoni (ITA) Ulster GP (1951)
- Sante Geminiani (ITA) Ulster GP (1951)
- Dave Bennett (GBR) GP Bern (1952)
- Leslie Graham (GBR) GP Isle of Man (1953)
- Rupert Hollaus (AUT) GP Monza Practice (1954)
- Dennis Lashmar (GBR) GP Solitude (1954)
- Derek Ennett (GBR) Ulster GP (1956)
- Charlie Salt (GBR) GP Isle of Man (1957)
- Roberto Colombo (ITA) GP Spa Francorchamps (1957)
- Bob Brown (AUS) GP Solitude (1960)
- Peter Febrache (GBR) GP Assen (1960)
- Ron Miles (AUS) GP Dundrod (1961)
- Marcellin Herranz (FRA) GP Charade (1963)
- Vernon Cottle (GBR) GP Imatra (1964)
- Ramón Torras (SPA) GP Barcelona (1965)
- Bill Ivy (GBR) GP Sachsenring (1969)
- Robin Fitton (GBR) GP Nürburgring (1970)
- Christian Ravel (FRA) GP Spa Francorchamps (1971)
- Angelo Bergamonti (ITA) GP Riccione (1971)
- Günter Bartusch (GDR) GP Sachsenring (1971)
- Renzo Pasolini (ITA) GP Monza (1973)
- Jarno Saarinen (FIN) GP Monza (1973)
- Billie Nelson (GBR) GP Opatija (1974)
- Rolf Thiele (BRD) GP Assen (1975)
- Otello Buscherini (ITA) GP Mugello (1976)
- Paolo Tordi (ITA) GP Mugello (1976)
- Ulrich Graf (SUI) GP Opatija (1977)
- Giovanni Zigiotto (ITA) GP Opatija (1977)
- Hans Stadelmann (SUI) GP Salzburgring (1977)
- Piers Forester (GBR) Brands Hatch Powerbike International (1977)
- Patrick Pons (FRA) GP Silverstone (1980)
- Michel Rougerie (FRA) GP Yugoslavia (1981)
- Sauro Pazzaglia (ITA) GP Imola (1981)
- Alain Beraud (FRA) GP Brno (1981)
- Michel Frutschi (SUI) GP Le Mans (1983)
- Rolf Rüttimann (SUI) GP Rijeka (1983)
- Norman Brown (NIR) GP Silverstone (1983)
- Peter Huber (SUI) GP Silverstone (1983)
- Kevin Wrettom (ENG) GP Spa-Francorchamps (1984)
- Iván Palazzese (VEN) GP Hockenheim (2January 1962 – 28 May 1989)
- Nobuyuki Wakai (JPN) GP Jeréz (25 July 1967 – 1 May 1993)
- Daijiro Kato (JPN) GP Suzuka (4 July 1976 – 20 April 2003)
- Shoya Tomizawa (JPN) GP Misano, Moto2 (10Dec 1990 – 5 Sept 2010)
- Peter Lenz (USA) GP Indianapolis, 125 cc (30 May 1997 – 29 August 2010)
- Marco Simoncelli (ITA) GP Sepang,800cc (20 Jan 1987 – 23 Oct 2011 )
Dari data di atas menunjukkan bahwa pada tahun 1977 terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian terbanyak yaitu 4 pembalap, sebagai penonton tentunya kita berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi di masa mendatang. Dan bagi kita yang berkendara di jalan raya, agar lebih berhati-hati lagi, para pembalap yang melaju di jalur balap khusus saja masih beresiko, apalagi di jalan raya yang ramai.
0 komentar:
Post a Comment