Inilah Alasan Kenapa Para Bikers Masih Dianggap Arogan Di Jalan Raya

Sudah hampir 3 tahun saya jualan aksesoris bikers dan sudah banyak pelanggan yang saya kenal entah itu anak klub motor, komunitas motor, maupun individual yang memang hanya membutuhkan perlengkapan berkendara di tempat saya. Hampir semua pelanggan adalah orang-orang yang baik dan bertanggung jawab, saya bahkan sering mendapat banyak pelajaran berkendara dari mereka (thx bro).

sumber gambar : demangcorners.com

Namun sangat disayangkan selama itu juga, saya masih mendapati banyak orang yang masih menganggap jika anak-anak motor adalah sekelompok orang yang sangat arogan dan seenaknya sendiri di jalan raya, kenapa? Entahlah, saya sendiri kurang mengerti dengan orang-orang yang berfikiran seperti itu, namun menurut saya, itu adalah pengalaman mereka sendiri yang menyebabkan mindset tersebut.

Dari pengalaman pribadi saya ketika menemui rombongan konvoi club motor, tentu saya akan minggir karena saya ingat kalau kebanyakan dari mereka sedang dalam perjalanan jauh dan kadang ada terburu-buru, jadi saya persilahkan mereka duluan. Namun masih ada pengendara lain yang tidak mau mengalah, dan keributan terjadi karena hal sepele (tidak mau mengalah di jalan).

Bagi anggota club atau komunitas motor, ada beberapa poin penting yang membuat kalian dianggap arogan oleh pengendara lain di jalan, kira-kira berikut ini adalah alasannya :
  1. Menggunakan jalan secara rombongan beriringan dan mengganggu pengguna jalan lainnya. Kalau bisa, ada baiknya jalan secara bersamaan tanpa berdampingan dan menutup jalan, gunakan jalan secara bijak meski kalian rombongan konvoi yang tidak ingin terpisah.
  2. Agresif di jalanan. Saya pernah menemui pengendara yang mengangkat kakinya, ditunjukkan kepada pengendara dari arah berlawanan, hal ini mungkin sebuah isyarat agar pengendara dari arah berlawanan mau mengalah, namun tidak semuanya mengerti gaesss, so ada baiknya kalian tidak menggunakan cara seperti ini karena kurang sopan.
  3. Membahayakan pengendara lain. Menyalip kendaraan besar seperti truk dan bus tanpa mempedulikan pengendara lainnya, hal ini kadang menyebabkan kecelakaan karena sama-sama tidak mau mengalah, kalau sudah begini siapa yang mau disalahkan?
  4. Menggunakan knalpot bisisng, memainkan gas dan suara klakson, hal itu cukup mengganggu orang lain dan jangan marah kalau ada yang meneriaki kalian. Meski jalan umum, namun kita juga harus menghargai pengendara lainnya bukan?!
  5. Melakukan kekerasan dan pengeroyokan. Yeah dari beberapa berita yang saya baca, ada kasus pengeroyokan dan kekerasan yang dilakukan anak motor, hal ini terjadi karena anak-anak motor itu punya banyak teman, mereka tidak mau tau dengan komplain dari pengendara lainnya dan hal ini yang sering dikeluhkan banyak orang.
Masih banyak lagi tindakan-tindakan arogan anak motor di jalanan, dan perlu diketahui bersama bahwa sudah banyak kejadian yang tidak diinginkan hanya karena tindakan yang ceroboh dan seenaknya sendiri, maka dari itu hati-hati dan tetap jaga sikap di jalan raya.

Artikel ini ditulis bukan untuk memojokkan salah satu pihak, namun untuk peringatan bersama agar bisa lebih berhati-hati di jalan, menggunakan jalan raya secara bijaksana. Bukankah club motor selalu memberkan contoh berkendara yang baik? Ayo tunjukkan hal positif itu!

Inilah Alasan Kenapa Para Bikers Masih Dianggap Arogan Di Jalan Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mr Sun

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Popular Posts

ALAMAT & KONTAK

Alamat : Jl. Letjen Polisi Sumarto, Karangjambu, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah

Kontak :
Phone / sms : 083863105988
WhatsApp : 081326833642
BBM : 7600737F
Facebook : Vivo Purwokerto
Instagram : @vivoshop_pwt